Kamis, 13 Mei 2010

Risoles Ragout Ayam

Horeee....akhirnya setelah sekian lama, berhasil juga akhirnya aku membuat risoles dengan kulit yang mulus dan bentuk yang seperti risoles pada umumnya. Maksudnya???

Iya selama ini kalau buat risoles kulitnya selalu sobek, malah kadang pecah trus isinya berhamburan keluar gitu. Trus giliran nggak pecah, bentuknya malah kotak-kotak gendut gitu. Pokoknya kacau deh hiks hiks...


Tapi kemarin waktu jalan-jalan di google aku nemu resep risoles yang menurutku enak sih, lengkap beserta tips-tipsnya. Langsung dipelajari dan segera diamalkan deh hehe...

Ini hasilnya (not badlah buat pemula, iya kan? ;) )


Risoles ini makanan favorit mas. Sekali makan bisa 10 risoles sendiri hehe... Tapi nggak papalah, seneng kok. Daripada beli di luar. Kalau buat sendiri kan ayamnya bisa banyak, nggak kaya kalau beli di tukang kue. Ayamnya super irit alias sedikiiittt banget, tapi harganya mahal banget. Trus minyak gorengnya bersih, bukan minyak goreng bekas, bebas MSG, pokoknya banyak plusnya deh kalau buat snack sendiri.

Resepnya aku ambil dari blognya mb Pepy. Rasanya pas banget, enak pokonya.

Ini aku copy pastein tips sukses bikin kulit amris dari NCC ya, cekidot :

1. Berdoa dulu sebelum masak supaya hasilnya enak, bagus, berkah, dan siapa aja yang makan pasti suka (ini wajib hukumnya hehehehe)

2. Jangan biasakan mengencerkan adonan kulit sekaligus, tapi sedikit demi sedikit dan jangan gunakan feeling tapi gelas ukur (kalo saya bikin 250 gr tepung = 650 ml air)

3. Tambahkan 1-2 sendok tepung kanji ke adonan kulit supaya kulit gak gampang sobek (untuk 250 gr tepung)

4. Setelah adonan kulit terasa sudah pas, saring kembali untuk menghindari adanya grindilan (jadi kulitnya muluzzzz gituh..)

5. Sebelum kulit didadar, masukkan 1-2 sendok margarine yang dilelehkan supaya kulit tidak menempel di wajan dan kita tidak perlu mengoleskan margarine berulang ulang ke wajan, dan supaya kulitnya walaupun numpuk satu sama lain gak nempel.

6. Pada saat menuang adonan ke wajan, usahakan wajan dingin supaya masaknya rata, jangan terlalu panas yang mengakibatkan pada saat di tuang sebagian sisi sudah kering sementara kita masih memutar-mutar wajan untuk meratakannya. (jadi kalo saya bikin, setelah satu kulit jadi, wajan saya angkat dulu sebentar..).

7. Kalo pada saat naroh ke nampan, kulit menggulung jangan mencoba meluruskan pada saat masih panas, dijamin tangan kepanasan dan kulit malah hancur, tunggu sampai dingin, akan lebih mudah diluruskan, jangan takut nempel karena udah ada kandungan minyaknya.

8. Jangan pelit putih telor untuk menempelkan si tepung panir atau bread crumb, dan ini berguna untuk menutup kulit yang sobek biar isinya tidak berhamburan keluar.

9. Diamkan di kulkas untuk memberikan kesempatan si tepung panir dan risoles menyatu (kalo saya, sebelum digoreng 20 menit masuk freezer dulu jadi gorengnya enak dan gak berhamburan) ini juga berguna untuk risoles yang pecah untuk tidakk berhamburan keluar pada saat digoreng.


Selamat mencoba...












Tidak ada komentar:

Posting Komentar